cara membuat hand sanitizer

Waktu Yang Tepat Menggunakan Hand Sanitizer dan Cara Membuatnya

Seiring dengan bertambahnya kasus mengenai Corona virus, semakin banyak juga orang yang merasa was-was. Masker dan juga hand sanitizer menjadi barang yang cukup banyak diminati oleh orang saat ini, sehingga keberadaannya pun semakin langka. Tenang, ternyata Anda dapat membuat hand sanitizer di rumah. Bagaimana cara membuat hand sanitizer dan kapan waktu yang tepat menggunakannya?

Sebelumnya, mari pelajari mengenai hand sanitizer. Hand sanitizer merupakan cairan yang digunakan untuk mengurangi agen infeksi pada tangan, karena bekerja melawan berbagai mikroorganisme pada tangan namun tidak untuk spora. Ternyata hanya hand sanitizer yang mengandung alkohol 60 hingga 95% yang paling efektif untuk digunakan. Hand sanitizer berbasis alkohol biasanya mengandung beberapa kombinasi, seperti isopropil alkohol, etanol (etil alkohol), atau n-propanol.

Sebenarnya mencuci tangan dengan sabun dan air lebih disarankan, karena mencuci tangan mengurangi jumlah semua jenis kuman dan bahan kimia yang ada di tangan Anda. Tetapi ketika sabun dan air tidak tersedia, tidak ada yang lebih efektif daripada menggosok tangan bersih dari kuman dan bakteri menggunakan hand sanitizer dengan setidaknya 60% alkohol di dalamnya. Tidak berbeda dengan mencuci tangan, prosedur aplikasi hand sanitizer yang tepat juga diperlukan untuk memastikan hand sanitizer berfungsi dalam membersihkan tangan Anda dari semua mikroorganisme.

Kata kunci agar hand sanitizer efektif adalah dengan menggunakannya secara menyeluruh ke telapak tangan Anda. lalu, gesekan yang Anda lakukan merupakan kekuatan yang mengendurkan dan mengangkat mikroba pada tangan.

Berikut cara yang tepat ketika menggunakan hand sanitizer:

  • Pastikan semua bahan organik seperti kotoran dan minyak dihilangkan terlebih dahulu dari tangan Anda.
  • Oleskan sejumlah hand sanitizer ke satu telapak tangan.
  • Gosok tangan Anda bersama-sama, menutupi semua permukaan kedua tangan, termasuk di antara jari-jari Anda dan di sekitar ujung jari dan kuku Anda. Gosok tangan secara bersamaan selama 30 detik agar tangan Anda benar-benar menyerap cairan dan hand sanitizer hingga benar-benar kering.

Ingat, jangan menyentuh makanan atau apa pun sampai tangan Anda kering setelah menggunakan hand sanitizer. Jika Anda kehabisan hand sanitizer, Anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah. Berikut cara membuat hand sanitizer:

Peralatan

  • Mangkuk dan sendok
  • Corong
  • Botol dengan dispenser pompa

Bahan

  • 2/3 cup 99% alkohol gosok (isopropil alkohol) atau etanol
  • 1/3 cangkir gel lidah buaya
  • 8 hingga 10 tetes minyak esensial (opsional)

Langkah-langkah

  1. Kumpulkan bahan-bahan diatas
  2. Pastikan Anda memiliki alkohol gosok, gel lidah buaya, dan minyak atsiri opsional sesuai dengan takarannya
  3. Campurkan bahan dengan menambahkan semua bahan ke dalam mangkuk Anda dan aduk rata dengan sendok.
  4. Tuang ke dalam botol Anda dengan menggunakan corong, tuangkan hand sanitizer yang Anda buat dengan hati-hati ke dalam botol pilihan Anda, kencangkan tutup botol dan dapat langsung menggunakannya.

Begitulah cara mudah untuk membuat hand sanitizer di rumah, tetap ingat bahwa Anda juga perlu menggunakan hand sanitizer dengan benar. Anda juga tetap disarankan untuk membersihkan tangan menggunakan air dan sabun karena bagaimanapun juga air dan sabun lebih efektif membunuh kuman yang ada di tubuh Anda.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>