Makan Bersama, “Family Time” yang Membudaya di Indonesia

Frasa “family time” atau mengalokasikan waktu khusus untuk sesuatu yang sifatnya melibatkan anggota keluarga belakangan sering kita dengar. Tak ada batasan khusus dalam bentuk kegiatan “family time”. Apa pun, termasuk makan bersama, asal bersama keluarga dapat pula disebut family time.

Family time digadang-gadang memiliki banyak manfaat untuk seluruh anggota keluarga, utamanya anak-anak. Keluarga yang rutin memiliki “family time” disebut-sebut cenderung memiliki hubungan yang lebih harmonis. Selain itu, anak-anak bisa mendapat dan mempelajari banyak hal penting yang bermanfaat bagi kehidupannya kelak.

Ngomong-ngomong soal makan bersama, di Indonesia sendiri kegiatan yang bisa disebut sebagai salah satu family time yang menyenangkan ini sudah membudaya dan melekat erat di kehidupan masyarakat kita. Makan bersama sudah seperti ritual demi mencapai tujuan yang diidealkan.

Makan bersama di Indonesia bahkan sudah tidak lagi terbatas dengan anggota keluarga inti saja. Banyak tradisi makan bersama di nusantara yang biasa dilakukan oleh satu keluarga besar, atau malah anggota masyarakat, kelompok, atau golongan secara besar.

Nah, ada banyak sebutan atau nama dari tradisi makan bersama ini. Kendati sebutan atau namanya berbeda, tetapi jenis dan bentuk kegiatannya sama saja, lho. Dalam rangka mengenal atau mengingat kembali beberapa di antaranya, berikut ulasannya:

  • Ngaliwet

Ngaliwet berasal dari “liwet” sebagai kata dasarnya. Liwet sendiri memiliki arti sederhana sebagai memasak nasi. Namun, di tanah Priayangan, ngaliwet memiliki arti tersendiri, yakni memakan nasi liwet beserta beragam lauk pauk dan hidangan pendamping lain.

Uniknya, kegiatan itu baru bisa disebut ngaliwet jika dilakukan secara bersama. Ngaliwet merupakan tradisi makan bersama dengan menu nasi liwet beserta lauknya. Yang membuatnya unik adalah, hidangan tersebut disajikan langsung di atas daun pisang dan dimakan menggunakan tangan.

Nasi liwet merupakan nasi yang dibuat tidak hanya dengan tambahan air, tapi juga dicampur dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah hingga rasanya menjadi gurih. Biasanya, disajikan dengan lalapan, sambal, dan berbagai jenis sajian ikan, seperti ikan asin jambal roti, ikan peda, dan ikan kembung

  • Bancakan

Di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, tradisi makan bersama kerap disebut bancakan. Masyarakat sana paham betul dengan arti atau makna filosofis dari bancakan. Filosofinya adalah sebagai wujud ucapan rasa syukur terutama ketika memperingati kelahiran atau weton anak. Selain itu tradisi ini juga sebagai ajang mengakrabkan diri dengan teman, tetangga, dan keluarga.

Bancakan bisa menjadi salah satu kegiatan family time yang unik sekaligus menarik. Belum lagi dengan garansi banyak sekali makna yang bisa didapat dari aktivitas ini. Selain bisa berbagi kebahagiaan, dengan bancakan Anda juga bisa mengakrabkan diri dengan keluarga sekaligus mendoakan yang baik untuk anggota keluarga lain.

  • Megibung

Megibung adalah istilah untuk aktivitas makan bersama yang dipakai dan dikenal oleh masyarrakat Bali. Megibung berasal dari kata ‘gibung’ yang memiliki arti kegiatan yang dilakukan bersama-sama. Awalnya megibung sering diterapkan untuk kegiatan diskusi dan rangka menjalin tali persaudaraan.

Kegiatan makan bersama yang dilakukan sejak masa kerajaan ini menawarkan menu menggoda dengan aneka lauk khas Bali. Ada tempe, tahu, telur, hingga sambal. Tak lupa, tambahan ayam betutu dan sate lilit membuat tradisi ini semakin menggugah selera.

  • Makan Patita

Dari Maluku juga ada tradisi bernama Makan patita. Di tradisi ini biasanya dihadiri oleh anggota keluarga hingga kerabat terdekat. Mereka berkumpul untuk bisa mencicipi semua makanan yang dihidangkan di tradisi ini.

Sejumlah makanan disajikan di atas daun pisang yang memanjang. Makanan yang disajikan berupa makanan khas Maluku. Seperti nasi kuning, papega, ikan kuah, kohu-kohu, talam sagu yang dibakar hingga sambal khas bernama colu-colu.

***

Sebenarnya masih banyak tradisi serupa dengan sebutan berbeda-beda dari tiap daerah di nusantara. Namun, keempatnya diharapkan mampu menjadi representasi dari seluruh kegiatan serupa yang telah membudaya di Indonesia.

Memilih makan bersama sebagai ajang untuk family time tentu memiliki banyak manfaat dan nilai yang bisa didapat oleh keluarga. Mulai dari erat dan menghangatnya hubungan antaranggota keluarga, hingga memberikan kenangan dan memori yang baik bagi anak-anak.

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>