Category Hidup Sehat

Adakah Manfaat Nasi Putih Dingin? Cek Faktanya

Meski banyak dihindari, nasi putih juga punya manfaat untuk kesehatan tubuh

Nasi putih adalah makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia, apalagi ketika ia baru tanak dan masih mengeluarkan asap tanda baru saja matang. Tiada yang dapat menandingi kenikmatannya, walau hanya didampingi oleh sambal merah dan sepotong tempe goreng. Namun, tahukah Anda jika ternyata terdapat klaim bahwa manfaat nasi putih baru bisa didapat ketika ia sudah dingin, lho?

Mungkin klaim itu amat bertentangan dengan pendapat umum. Belum lagi kita begitu sulit memercayai suatu pendapat yang tidak lazim dan mendobrak kebiasaan yang telah dianut secara komunal. Untuk itulah, mari kita cek fakta terkait manfaat nasi putih dingin ini.

  • Ada Apa di Balik Nasi Putih Dingin?

Sudah banyak yang setuju bahwa nasi putih nyatanya kurang baik bagi kesehatan lantaran ia mengandung begitu banyak zat pati atau karbohidrat yang efektif menaikkan gula darah di dalam tubuh seseorang.

Tapi zat pati itu bisa diubah menjadi zat pati yang sulit dicerna (zat pati resisten). Cara mengubahnya adalah dengan menyimpan nasi yang sudah matang di dalam kulkas bersuhu 4 derajat celcius selama 24 jam. Setelah itu dihangatkan kembali sebelum dikonsumsi. Zat pati yang lebih sulit dicerna akan mengurangi jumlah karbohidrat yang diserap oleh usus.

Hal itu akan berdampak pada berfungsinya dua hormon glukagon dan peptida YY, yang memengaruhi nafsu makan Anda. Pati resisten dalam nasi dingin juga bisa berdampak pada hormon anti diabetes dan anti-obesitas yang meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi lemak perut.

Oleh karenanya, dalam beberapa kasus, makan nasi dingin justru lebih baik karena adanya pati resisten. Pati resisten ini berdampak besar pada kadar gula darah serta kadar kolesterol dalam tubuh.

Selain itu, klaim manfaat nasi putih selanjutnya adalah ia dapat berperan sebagai probiotik. Probiotik sendiri terbentuk dari zat nutrisi yang tak dapat dicerna serta berfungsi sebagai makanan, bagi bakteri baik dalam usus besar. Bakteri baik itulah yang akan melindungi tubuh dari bakteri jahat, serta jamur yang bisa menimbulkan infeksi, serta turut berperan dalam menekan proses peradangan.

Narasi selanjutnya soal manfaat nasi putih dingin ini adalah membuat lebih kenyang dan tak cepat lapar ketimbang seseorang yang mengonsumsi nasi putih dalam keadaan panas. Karena kadar pati resisten pada nasi putih dingin sangat tinggi, hingga proses mencernanya pun cenderung lebih lambat.

  • Narasi Tandingan Soal Nasi Putih Dingin

Akan tetapi, sebuah narasi tandingan mengatakan bahwa ternyata mengonsumsi nasi putih panas ataupun dingin tidak akan berpengaruh apa-apa. Sebab pati resisten yang terkandung di dalamnya tetap berpotensi meningkatkan kadar gula dan kolesterol darah seseorang.

Terlebih makan nasi dingin justru membuat seseorang memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami keracunan makanan yang disebabkan bakteri Bacillus cereus. Bakteri ini dapat menyebabkan kram perut, diare, atau muntah dalam 15 sampai 30 menit setelah menelannya.

Bacillus cereus adalah bakteri yang biasanya ditemukan di tanah yang dapat mencemari beras mentah. Hal ini memiliki kemampuan untuk membentuk spora. Dengan demikian nasi dingin masih dapat terkontaminasi bahkan setelah dimasak pada suhu tinggi.

Namun, yang harus diingat adalah bukan bagaimana nasi putih itu disajikan, tetapi bagaimana nasi telah didinginkan atau disimpan. Bakteri patogen atau penyebab penyakit seperti Bacillus cereus tumbuh dengan cepat pada suhu antara 4-60 derajat Celcius atau kisaran yang dikenal sebagai zona bahaya.

Karena itu jika Anda membiarkan nasi mendingin dengan membiarkannya pada suhu kamar, spora akan berkecambah dengan cepat berlipat ganda dan akan menghasilkan racun yang membuat Anda sakit. Sementara siapa pun yang mengonsumsi beras yang terkontaminasi dapat mengalami keracunan makanan.

***

Itulah fakta-fakta mengenai manfaat nasi putih dingin, maupun bahayanya jika dikonsumsi. Semua sekarang ada di tangan Anda, tetap mau mengonsumsi putih dalam keadaan dingin atau hangat. Namun, jika Anda memiliki kesempatan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter, sebaiknya temui mereka dan minta penjelasan yang lebih lengkap.

more

Wajib Tahu, Inilah Sanksi Menunggak Iuran BPJS Kesehatan

Pernahkah Anda mendengar keluhan masyarakat terkait dana subsidi BPJS kesehatan yang tidak merata? Atau masih perlu biaya tambahan lagi ketika berobat ke fasilitas kesehatan tertentu, padahal sudah menggunakan layanan BPJS kesehatan? Usut punya usut, ternyata salah satu penyebabnya adalah masih banyak masyarakat yang menunggak iuran BPJS kesehatan setiap bulannya. Nah, Anda harus waspada, karena denda dan sanksi yang dikenakan juga tidak main-main.

bpjs kesehatan

Dampak peserta BPJS menunggak iuran BPJS kesehatan.

Sistem pembayaran iuran BPJS, baik itu kesehatan maupun ketenagakerjaan, adalah secara patungan dengan perusahaan tempat Anda bekerja. Lain lagi, jika Anda merupakan seorang peserta mandiri atau pekerja bukan penerima upah, maka iuran BPJS kesehatan dibayar sendiri setiap bulan.

Sayangnya, masih banyak peserta yang menunggak iuran BPJS kesehatan, sehingga memengaruhi kelancaran pelayanan BPJS di lapangan. BPJS kesehatan bisa mengalami defisit, karena jumlah iuran yang seharusnya dibayarkan tidak dilunaskan oleh peserta BPJS, sedangkan biaya pelayanan kesehatan terus saja keluar. Ini tentu disebabkan oleh:

  • Masih banyak peserta yang menunggak iuran BPJS kesehatan.
  • Banyak masyarakat yang belum mendaftar sebagai anggota BPJS kesehatan.
  • Orang-orang hanya membayar iuran BPJS kesehatan ketika akan berobat.

Oleh sebab itu, tidak salah apabila pihak BPJS akhirnya menetapkan denda dan sanksi jika ada anggota yang menunggak iuran BPJS kesehatan. Ini bertujuan untuk mendisiplinkan masyarakat dan mencegah adanya kendala dalam pelayanan dari fasilitas kesehatan yang memiliki kerja sama dengan BPJS.

Sanksi jika menunggak iuran BPJS kesehatan.

Dikutip dari laman resmi BPJS kesehatan, apabila ada yang menunggak iuran BPJS kesehatan, maka peserta akan diberitahu oleh pihak BPJS terlebih dahulu. Apabila teguran ini masih belum ampuh menyadarkan masyarakat untuk melunaskan tagihan iuran yang menunggak, maka pihak polisi, imigrasi, dan pemerintah daerah akan menerapkan sanksi untuk peserta BPJS tidak dapat memperoleh pelayanan publik.

Sebelumnya, sanksi untuk peserta yang menunggak iuran BPJS kesehatan berupa teguran dan  denda sebesar 2 persen dari total biaya tunggakan Anda. Sekarang, peserta yang terlambat membayar iuran BPJS setiap bulannya tidak langsung dikenakan denda, tetapi keanggotaannya akan dinonaktifkan. Tentunya, ini akan membuat peserta tidak dapat lagi mendapatkan layanan BPJS kesehatan jika berobat ke fasilitas kesehatan tertentu.

Sanksi yang paling parah adalah tidak memperoleh pelayanan publik, baik itu dari pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota. Pelayanan publik yang dihentikan meliputi:

  • Surat Izin Mengemudi (SIM).
  • Surat Tanda Naik Kendaraan (STNK)
  • Sertifikat tanah.
  • Izin Mendirikan Bangunan (IMB).
  • Pengurusan paspor.

Namun, Anda tetap bisa dikenakan denda jika dalam kondisi ini.

Anda tetap bisa dikenakan denda apabila memanfaatkan layanan BPJS kesehatan, berupa rawat inap dalam waktu 45 hari setelah kepesertaan BPJS Anda aktif kembali. Besarnya denda yang harus Anda bayarkan adalah sebagai berikut.

  • Besaran denda yang dibayarkan adalah 2,5 persen dikali jumlah bulan yang tertunggak dikali total biaya rawat inap.
  • Maksimal jumlah denda yang dibayar sebesar Rp30.000.000,-. Jika ternyata jumlah denda lebih dari itu, tetap dikenakan batas maksimal.
  • Maksimal jumlah bulan yang tertunggak adalah 12 bulan (1 tahun). Apabila tunggakan Anda berlangsung lebih dari 1 tahun, maka tetap akan dihitung 12 bulan.

Sanksi menunggak iuran BPJS kesehatan diberlakukan agar pesertanya lebih bertanggung jawab, sehingga layanan BPJS dapat berjalan tanpa hambatan. Terutama, jika sesuatu yang tak terduga terjadi dan butuh layanan BPJS kesehatan sesegera mungkin. Oleh sebab itu, bayarlah iuran BPJS kesehatan Anda rutin setiap bulan dan jangan sampai menunggak, ya.

more

Deteksi Dini Sindrom Prader Willi pada Anak

Sindrom Prader Willi termasuk jenis penyakit langka yang disebabkan oleh kelainan genetik. Penyakit ini menyerang bagian otak penderita, tepatnya di bagian hipotalamus. Tidak berfungsi dengan baiknya hipotalamus karena adanya kerusakan membuat tubuh akhirnya sulit memproduksi hormon-hormon penting. Yang paling kentara, kerusakan pada hipotalamus bisa membuat penderitanya tidak mampu mengatur nafsu makan.

sindrom prader willi

Karena itulah, penderita sindrom Prader Willi umum mengalami obesitas. Kondisi tersebut pada akhirnya membuat penderita menjadi sulit untuk beraktivitas secara normal bahkan mudah terserang berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, sampai stroke.

Sebenarnya sindrom ini bisa diatasi jika dilakukan terapi sedari awal. Sayangnya, banyak orang tua tidak menyadari anaknya terserang sindrom Prader Willi ketika usia anak masih sangat kecil. Akhirnya dalam beberapa kasus, temuan mengenai sindrom ini pada seseorang baru terungkap ketika usianya sudah menginjak remaja. Berikut ini adalah beberapa gejala sindrom Prader Willi pada anak-anak yang sebenarnya sudah bisa dideteksi sedari kecil dan baiknya dikonsultasikan langsung ke dokter.

  1. Tingkat Lapar Tinggi

Sindrom Prader Willi menyerang kromosom 15 yang berpengaruh pada fungsi hipotalamus. Kondisi ini menyebabkan anak menjadi sulit mengatur rasa laparnya. Anak yang terindikasi menderita kelainanan genetik ini cenderung memiliki tingkat rasa lapar yang sangat tinggi. Walaupun Anda sudah memberinya makan dalam porsi yang besar, hanya dalam beberapa saat ia akan kembali merasa lapar. Rasa lapar yang terus-menerus terjadi membuat anak akan mengalami kenaikan berat badan siginfikan sejak usianya berkisar 2 tahun.

  • Organ Seks Tidak Berkembang

Coba perhatikan organ seks anak Anda. Sebenarnya mendeteksi Sindrom Prader Willi lewat organ seks agak sulit apalagi jika penderita perempuan. Namun bagi penderita laki-laki, sindrom ini dapat terdeteksi dari sangat kecilnya testis yang bersangkutan. Hal ini karena Sindrom Prader Willi menghasilkan gangguan pada hormon seks seseorang sehingga organ seksnya pun menjadi kurang atau bahkan tidak berkembang.

  • Tubuh yang Pendek

Kelainan genetik yang satu ini sangat berpengaruh pada perkembangan tubuh anak. Anak-anak dengan sindrom Prader Willi umumnya memiliki ukuran tubuh yang lebih pendek dibandingkan teman sepermainannya. Tubuh yang pendek ini membuat kemungkinan obesitas makin rentan menimpa anak sebab berat badan bisa terus meningkat karena nafsu makan yang tidak terkendali. Dengan bentuk tubuh yang pendek dan cenderung gemuk, kemampuan motoriknya pun menjadi terkendala.

  • Tidak Peka Rasa Sakit

Penderita sindrom Prader Willi memiliki gangguan produksi hormon tiroid. Kurangnya produksi hormon tersebut membuat anak menjadi sulit merespons rasa sakit yang ada pada tubuhnya. Kondisi ini membuat penderita sidrom tersebut menjadi tidak peka dengan luka ataupun infeksi lainnya.

  • Hambatan Berbicara

Jika anak Anda ada mengalami hambatan dalam berbicara sampai usianya menyentuh 3 tahun, Anda patut curiga. Jangan-jangan itu merupakan gejala sindrom Prader Willi. Penyakit kelainan genetik ini memang kerap ditandai sulitnya seseorang untuk berbicara lancar karena adanya masalah artikulasi.

  • Gangguan Tidur

Anak kecil yang sudah menginjak usia 2 tahun ke atas umumnya akan sangat aktif bermain pada siang hari dan mudah mengantuk pada waktu malam. Akan tetapi, kondisi tersebut berkebalikan pada penderita sindrom Prader Willi. Seseorang dengan kelainan genetik di kromosom 15 justru cenderung memiliki rasa kantuk berlebih di siang hari. Namun pada malam hari, ia akan sangat aktif dan sulit tidur. Pada waktu tidur pun, Anda mesti mewaspadainya sebab tak jarang penderita sindrom ini akan menderita sleep apnea.

*** Lebih peka yuk melihat indikasi-indikasi penyakit pada anak sedari dini, tidak terkecuali ada tidaknya gejala sindrom Prader Willi. Dengan kecermatan Anda, penanganan sedini mungkin bisa dilakukan segera sehingga kualitas hidup penderita sindrom dapat diupayakan agar meningkat.

more

Beberapa Alternatif Pilihan Susu Bebas Laktosa

Susu bebas laktosa dapat menjadi solusi bagi individu yang menderita intoleransi laktosa

Susu merupakan minuman kaya nutrisi yang amat dibutuhkan oleh manusia. Bahkan, bisa dibilang bahwa susu menjadi “makanan” pertama manusia. Namun, ada kondisi di mana manusia tak mampu menerima asupan susu atau intoleransi laktosa. Salah satu cara menyiasatinya adalah dengan susu bebas laktosa.

Laktosa adalah jenis gula yang ada di dalam produk susu sapi. Artinya, untuk mendapatkan susu bebas laktosa, alternatifnya adalah dengan mengganti “bahan baku” dari susu itu sendiri. Sampai saat ini, ada beberapa bahan yang bisa menjadi pengganti dari susu sapi. Berikut di antaranya sederet susu bebas laktosa:  

  • Susu Kedelai 

Kandungan dalam susu kedelai adalah protein lengkap (seperti susu sapi) dan serat, rendah sodium, dan dapat membantu mengurangi LDL, atau kolesterol jahat. Susu kedelai menempati susu paling bergizi kedua setelah susu sapi. 

Kekurangannya, kedelai dianggap sebagai fitoestrogen (atau estrogen yang bersumber dari tanaman) dan estrogen kedelai dalam susu kedelai dapat mempengaruhi keseimbangan hormon. 

  • Susu Rami 

Susu ini terbuat dari biji rami yang direndam dan ditumbuk dalam air. Kandungan dalam susu rami adalah asam lemak omega-3 yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah.  Dengan 140 kalori, 5 gram lemak, dan 3 gram protein per cangkir, susu rami merupakan alternatif bergizi dalam kelompok susu bebas laktosa. 

Kenyataan ini amat menguntungkan Anda yang tidak bisa makan makanan susu karena alasan alergi, medis, atau gaya hidup. Kekurangan susu rami adalah mengandung lemak. Susu rami tanpa pemanis memiliki lebih banyak lemak daripada susu pilihan lain.

  • Susu Almond 

Susu almond merupakan susu yang termasuk ke dalam golongan susu rendah protein jika dibandingkan dengan beberapa susu lainnya. Namun, susu ini memiliki berbagai macam nutrisi lain. 

Kandungan dalam susu almond yaitu magnesium, selenium, dan vitamin yang dapat meningkatkan kesehatan tulang, menyediakan antioksidan, dan membantu sistem kekebalan tubuh, dan metabolisme. Selain menjadi susu bebas laktosa, susu almond juga bebas kolesterol. 

Selain itu, susu almond hanya memiliki kandungan 30 kalori dan 0 gram karbohidrat dan gula. Jenis susu alternatif ini juga menyediakan 45 persen kalsium harian, bahkan lebih dari susu sapi. 

  • Kefir 

Kefir merupakan pilihan susu yang berbeda. Kefir adalah susu fermentasi yang menyerupai yogurt. Kefir bisa berasal dari susu sapi, kambing, atau domba. Kandungan dalam kefir yaitu ragi yang tinggi, bakteri probiotik, protein, kalsium, vitamin D, dan B12. Namun, kefir dapat menyebabkan konstipasi dan/atau kram usus. 

  • Oat atau Susu Gandum 

Susu gandum tinggi serat larut dan mengandung beta-glukan. (Beta-glukan adalah gula yang ditemukan dalam gandum dan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang). Beta-glukan adalah gula yang lebih banyak daripada vitamin kedelai atau santan.

Oat atau susu gandum ini adalah alternatif yang baik untuk penderita alergi kacang dan kedelai, juga mereka yang menderita intoleransi laktosa. Namun, kekurangan susu gandum adalah rendah protein, vitamin, dan mineral. Susu oat juga mengandung lebih banyak lemak daripada susu alternatif lainnya. 

  • Susu Santan 

Yang dimaksud santan di sini bukan cairan hasil perasan kelapa. “Susu santan” dibuat dengan merobek daging kelapa yang baru saja dibuka, kemudian mendidihkannya dalam air, dan menyaring potongan-potongan. Lapisan krim kaya lemak dikombinasikan dengan air kelapa untuk membuat susu. 

Alternatif susu bebas laktosa ini rendah kalori, dengan kandungan sekitar 45 kalori per 8 ons. Santan memiliki tekstur seperti krim, mirip dengan susu sapi, membuatnya menjadi pengganti yang dinilai paling menyerupai. 

Kekurangan susu santan adalah tidak memiliki protein, tinggi lemak jenuh, tetapi beberapa ahli gizi berpendapat bahwa ini adalah asam lemak rantai menengah, yang hanya meningkatkan kolesterol baik.

  • Susu Beras

Susu beras adalah susu yang terbuat dari beras rebus, sirup beras merah, dan pati beras merah. Ini juga merupakan pilihan susu bebas laktosa. Susu beras sangat rendah lemak dan juga mengandung kadar magnesium yang tinggi untuk mengendalikan tekanan darah. 

Kekurangan dari susu ini yaitu tidak mengandung kalsium atau protein sebanyak susu sapi. Selain itu, susu ini juga mengandung karbohidrat tingkat tinggi, dengan 26 gram karbohidrat per sajian, jauh lebih banyak dari yang lainnya.

***

Itulah beberapa alternatif susu bebas laktosa yang bisa dikonsumsi oleh mereka penderita intoleransi laktosa. Adapun mengenai jenis atau alternatif mana yang paling cocok, silakan bisa disesuaikan dengan preferensi dan kondisi kesehatan tubuh Anda, lantaran masing-masing jenis memiliki kandungan dan nutrisi yang berbeda-b

more
tamanu oil

5 Fakta di Balik Manfaat Tamanu Oil

Dewasa ini perawatan wajah semakin dianggap penting karena dinilai bisa menjadi aset untuk kecantikan yang tak kunjung padam sampai tua. Produk-produk natural pun tidak lepas dari pilihan sebab dinilai memberi efek yang lebih sedikit dibanding penggunaan perawatan wajah dari bahan kimia. Tamanu oil menjadi salah satu perawatan wajah yang namanya kian hari kian mencuat.

Memiliki segudang manfaat, jenis minyak yang satu ini kerap menjadi pilihan bagi orang-orang yang memiliki masalah kulit dan wajah. Pasalnya, tamanu oil dipercaya mampu menghilangkan masalah kulit, seperti menghilangkan bekas jerawat sampai memudarkan kerutan. Perawatan wajah alami yang satu ini juga dipilih karena kemampuannya menjaga kelembapan wajah secara efektif.

Anda pun mungkin termasuk pihak yang gemar memakai jenis minyak yang satu ini untuk perawatan kulit wajah. Namun baiknya, selain mengetahui ragam manfaatnya, ada juga perlu tahu mengenai fakta-fakta di balik tamanu oil. Berikut fakta-fakta mengenai jenis minyak yang identik dengan perawatan kecantikan tersebut.

  • Ditemukan di Asia Timur

Manfaat tamanu oil pertama kali ditemukan oleh masyarakat Asia Timur berabad-abad yang tahun. Fungsinya sendiri waktu itu adalah guna menenangkan berbagai masalah kulit yang kerap menyerang penduduk daerah tropis.

Penggunaannya kemudian menyebar ke kawasan Polinesia. Sampai akhirnya saat ini, tamanu oil bisa dengan mudah ditemukan di berbagai penjuru dunia dengan bentuk ektrak yang lebih mudah digunakan.

  • Kaya Asam Lemak

Minyak yang berasal dari pohon nyamplung ini termasuk dalam kategori minyak nabati yang memiliki kadar asam lemak sangat tinggi. Kandungan asam lemak inilah yang kemudian melahirkan sejuta manfaat tamanu oil yang baik bagi kulit.

Kandungan asam lemak yang tinggi membuat tamanu oil mampu melembapkan kulit secara optimal. Kulit Anda pun menjadi selalu terjaga hidrasinya sehingga menghindarkan Anda dari berbagai masalah kulit kering dan kusam yang menjadi awal mula berbagai masalah kulit lain. Kulit yang terhidrasi dengan baik pada akhirnya membuat berbagai masalah penuaan kulit bisa diminimalkan.

  • Proses Pembuatan Panjang

Harga satu botol tamanu oil memang rata-rata lebih tinggi dibandingkan jenis minyak nabati lainnmya. Salah satu penyebabnya karena proses pembuatan minyak dari pohon Calophyllum inophyllum tergolong lebih panjang daripada pembuatan minyak jenis lain.

Tamanu oil dibuat dari kernel pohon nyamplung yang sebelumnya telah dijemur di bawah sinar matahari selama 6—8 minggu. Baru setelah kernel berubah dari warna hijau menjadi merah kecokelat, dilakukan proses pendinginan untuk mengambil ekstrak minyak tanamu. Hasil minyak dari tiap kernel pun sangat minim. Dari sekitar 22,5 kilogram kernel tanamu, minyak yang diperoleh hanya sekitar 1 kilogram.

  • Sudah Teruji

Perihal tamanu oil dipercaya sebagai obat untuk berbagai masalah kulit bukanlah perkiraan semata. Buktinya, sudah banyak penelitian yang membukti manfaat dari jenis minyak nabati yang satu ini.

Contohnya pada tahun 2012, sebuah laporan onkologi yang dilakukan oleh Tsai SC, Liang YH, dan teman-temannya membuktikan bahwa tanamu pil memang sangat efektif sebagai anti-inflasi. Lalu pada tahun 2015, penelitian Teddy Léguillier menyatakan, tamanu oil memang memiliki sifat antibakteri yang bisa menangani berbagai masalah kulit tropikal.

  • Ancaman Alergi

Ketika memutuskan untuk menggunakan tamanu oil, Anda harus memastikan bahwa Anda tidak memiliki risiko alergi terhadap kacang-kacangan. Sebab jika tidak, penggunaan minyak nabati ini akan berbahaya bagi Anda.

Ini karena nyamplung yang merupakan sumber tamanu oil termausk ke dalam jenis pohon kacang-kacangan. Penggunaannya pada orang yang terindikasi memiliki risiko alergi kacang bisa menyebabkan kulit gatal, munculnya bintik-bintik pada kulit, sampai masalah pencernaan.

***

Setelah mengetahui fakta-fakta mengenai tamanu oil, Anda tentu semakin penasaran untuk menggunakan jenis minyak nabati yang satu ini sebagai salah satu perawatan kecantikan Anda. Selamat mencoba!

more

Makan Bersama, “Family Time” yang Membudaya di Indonesia

Frasa “family time” atau mengalokasikan waktu khusus untuk sesuatu yang sifatnya melibatkan anggota keluarga belakangan sering kita dengar. Tak ada batasan khusus dalam bentuk kegiatan “family time”. Apa pun, termasuk makan bersama, asal bersama keluarga dapat pula disebut family time.

Family time digadang-gadang memiliki banyak manfaat untuk seluruh anggota keluarga, utamanya anak-anak. Keluarga yang rutin memiliki “family time” disebut-sebut cenderung memiliki hubungan yang lebih harmonis. Selain itu, anak-anak bisa mendapat dan mempelajari banyak hal penting yang bermanfaat bagi kehidupannya kelak.

Ngomong-ngomong soal makan bersama, di Indonesia sendiri kegiatan yang bisa disebut sebagai salah satu family time yang menyenangkan ini sudah membudaya dan melekat erat di kehidupan masyarakat kita. Makan bersama sudah seperti ritual demi mencapai tujuan yang diidealkan.

Makan bersama di Indonesia bahkan sudah tidak lagi terbatas dengan anggota keluarga inti saja. Banyak tradisi makan bersama di nusantara yang biasa dilakukan oleh satu keluarga besar, atau malah anggota masyarakat, kelompok, atau golongan secara besar.

Nah, ada banyak sebutan atau nama dari tradisi makan bersama ini. Kendati sebutan atau namanya berbeda, tetapi jenis dan bentuk kegiatannya sama saja, lho. Dalam rangka mengenal atau mengingat kembali beberapa di antaranya, berikut ulasannya:

  • Ngaliwet

Ngaliwet berasal dari “liwet” sebagai kata dasarnya. Liwet sendiri memiliki arti sederhana sebagai memasak nasi. Namun, di tanah Priayangan, ngaliwet memiliki arti tersendiri, yakni memakan nasi liwet beserta beragam lauk pauk dan hidangan pendamping lain.

Uniknya, kegiatan itu baru bisa disebut ngaliwet jika dilakukan secara bersama. Ngaliwet merupakan tradisi makan bersama dengan menu nasi liwet beserta lauknya. Yang membuatnya unik adalah, hidangan tersebut disajikan langsung di atas daun pisang dan dimakan menggunakan tangan.

Nasi liwet merupakan nasi yang dibuat tidak hanya dengan tambahan air, tapi juga dicampur dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah hingga rasanya menjadi gurih. Biasanya, disajikan dengan lalapan, sambal, dan berbagai jenis sajian ikan, seperti ikan asin jambal roti, ikan peda, dan ikan kembung

  • Bancakan

Di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, tradisi makan bersama kerap disebut bancakan. Masyarakat sana paham betul dengan arti atau makna filosofis dari bancakan. Filosofinya adalah sebagai wujud ucapan rasa syukur terutama ketika memperingati kelahiran atau weton anak. Selain itu tradisi ini juga sebagai ajang mengakrabkan diri dengan teman, tetangga, dan keluarga.

Bancakan bisa menjadi salah satu kegiatan family time yang unik sekaligus menarik. Belum lagi dengan garansi banyak sekali makna yang bisa didapat dari aktivitas ini. Selain bisa berbagi kebahagiaan, dengan bancakan Anda juga bisa mengakrabkan diri dengan keluarga sekaligus mendoakan yang baik untuk anggota keluarga lain.

  • Megibung

Megibung adalah istilah untuk aktivitas makan bersama yang dipakai dan dikenal oleh masyarrakat Bali. Megibung berasal dari kata ‘gibung’ yang memiliki arti kegiatan yang dilakukan bersama-sama. Awalnya megibung sering diterapkan untuk kegiatan diskusi dan rangka menjalin tali persaudaraan.

Kegiatan makan bersama yang dilakukan sejak masa kerajaan ini menawarkan menu menggoda dengan aneka lauk khas Bali. Ada tempe, tahu, telur, hingga sambal. Tak lupa, tambahan ayam betutu dan sate lilit membuat tradisi ini semakin menggugah selera.

  • Makan Patita

Dari Maluku juga ada tradisi bernama Makan patita. Di tradisi ini biasanya dihadiri oleh anggota keluarga hingga kerabat terdekat. Mereka berkumpul untuk bisa mencicipi semua makanan yang dihidangkan di tradisi ini.

Sejumlah makanan disajikan di atas daun pisang yang memanjang. Makanan yang disajikan berupa makanan khas Maluku. Seperti nasi kuning, papega, ikan kuah, kohu-kohu, talam sagu yang dibakar hingga sambal khas bernama colu-colu.

***

Sebenarnya masih banyak tradisi serupa dengan sebutan berbeda-beda dari tiap daerah di nusantara. Namun, keempatnya diharapkan mampu menjadi representasi dari seluruh kegiatan serupa yang telah membudaya di Indonesia.

Memilih makan bersama sebagai ajang untuk family time tentu memiliki banyak manfaat dan nilai yang bisa didapat oleh keluarga. Mulai dari erat dan menghangatnya hubungan antaranggota keluarga, hingga memberikan kenangan dan memori yang baik bagi anak-anak.

more

5 Hal yang Mungkin Menjawab Pertanyaan: Kenapa Saya Jomblo?

Anda yang belum memiliki pasangan, mungkin kadang membatin: kenapa saya jomblo? Karena relasi melibatkan orang lain, selain diri Anda, tentu tidak mudah menjawab pertanyaan tersebut.

Namun, sebelum mencari tahu faktor eksternal, ada baiknya mencoba merenung dan lebih melihat ke dalam diri.

Tidak ada salahnya untuk melakukan refleksi diri. Setelah merenung mungkin pertanyaan ‘kenapa saya jomblo?’ justru akan terjawab. Di bawah ini adalah beberapa hal yang dapat Anda renungkan, mungkin saja hal tersebut memang menjadi faktor utama yang membuat Anda belum memiliki pasangan.

1. Terlalu menutup diri

Hanya Anda yang dapat mengetahui hal ini. Apakah Anda terlalu menutup diri?

Sikap menutup diri secara berlebihan, tanpa Anda sadari, akan membuat orang yang berniat mengenal Anda justru menjauh. Bila Anda terlalu menutup diri, biasanya dalam keseharian orang akan mengenal Anda sebagai seseorang yang cuek dan jutek. Akibatnya, orang di sekitar akan merasa sangat sungkan untuk berbicara dan mengenal Anda lebih jauh.

Karakter ini juga biasanya membuat Anda tidak bisa memulai sebuah perkenalan atau pembicaraan. Sikap ini memang tidak muncul tiba-tiba, banyak sekali faktor yang membuat seseorang menjadi pribadi yang tertutup. Satu di antaranya adalah pengalaman trauma masa lalu.

2. Relasi belum menjadi prioritas Anda

Tak sedikit orang yang kerap bertanya-tanya ‘kenapa saya jomblo?’, namun tidak menyadari bahwa dirinya memang belum menganggap relasi sebagai prioritas. Memang cukup banyak orang yang menganggap menjalin relasi menyita dan membuang-buang waktu.

Biasanya, orang yang berpendapat demikian sedang sangat fokus dalam mengejar hal lain, seperti karier, pendidikan, dan lain sebagainya.

3. Terperangkap dalam rutinitas harian

Kondisi ini kerap menimpa para lajang dengan karier cemerlang. Sering kali, mereka sangat sibuk dan terperangkap dalam rutinitas harian. Rutinitas pekerjaan sering menjadi satu-satunya aktivitas. Apakah Anda termasuk yang demikian?

Lama-kelamaan, kungkungan rutinitas ini akan membuat Anda kesulitan bertemu dengan orang baru. Tanpa disadari, Anda juga dapat menjadikan kesibukan sebagai alasan untuk tidak bersosialisasi.

Mungkin, mengakhiri pertanyaan ‘kenapa saya masih jomblo’, sesederhana dengan mulai meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal lain di luar kesibukan rutinitas pekerjaan.

4. Trauma masa lalu

Pengalaman menyakitkan dan mengecewakan pada hubungan percintaan di masa lalu, kadang menimbulkan trauma dalam diri seseorang. Anda menjadi sulit untuk membuka hati dan menjalin relasi, sebab ketakutan disakiti kembali selalu menghantui.

Baik sekali jika Anda dapat berdamai dengan kegagalan di masa lalu dan mulai melangkah atau move on. Namun, jika trauma tersebut benar-benar sulit Anda kendalikan dan sangat memengaruhi kehidupan Anda, tidak ada salahnya jika Anda berkonsultasi dengan profesional, seperti psikolog.

Psikolog akan membantu Anda mengurai sumber trauma dan mengarahkan Anda agar dapat merespon persoalan dengan lebih baik. Konsultasi tersebut juga memberi ruang kepada Anda untuk sembuh dari trauma. Dengan demikian, mungkin Anda dapat mulai menjalin hubungan yang baru.

5. Evaluasi diri

Apabila Anda merasa terus-menerus gagal dalam menjalin relasi hingga bertanya-tanya, kenapa saya jomblo? Mungkin saatnya mengambil waktu sejenak untuk melakukan evaluasi diri.

Adakah sikap-sikap Anda yang justru mendorong orang terdekat Anda menjauh. Egois, posesif, cemburu membabi-buta, tidak setia, tidak bisa mendengarkan, adalah beberapa sikap yang sangat mungkin mendorong pasangan Anda pergi.

Dalam hal ini, Anda perlu jujur kepada diri sendiri terkait kekurangan tersebut dan berusaha memperbaikinya. Di sisi lain, lihat juga kelebihan Anda dan optimalkan. Dengan menjadi pribadi yang lebih positif diharapkan energi tersebut akan membuat orang lain lebih tertarik dengan Anda.

Hal-hal di atas belum tentu sepenuhnya tepat bagi setiap orang, namun diharapkan dapat membantu Anda dalam menelusuri dan mencoba menjawab pertanyaan ‘kenapa saya jomblo?’. Sehingga Anda dapat memulai langkah perbaikan dan segera menemukan pasangan yang Anda idamkan.

more

Makan Sambil Berdiri: Apakah Merupakan Kebiasaan Buruk?

Makan sambil berdiri justru membuat Anda lebih cepat merasa lapar

Setiap orang tentunya memiliki kebiasaan makan yang buruk. Salah satu kebiasaan yang terjadi ketika makan adalah makan sambil berdiri. Tidak sedikit orang yang makan sambil berdiri, karena tidak punya tempat untuk duduk atau sebagainya. Meskipun demikian, Anda perlu berhati-hati jika mengkonsumsi makanan sambil berdiri.

Sejak kecil mungkin Anda sudah diterapkan tentang etika makan yang benar, salah satunya dengan tidak makan sambil berdiri, apalagi sambil berjalan. Sebagian orang berpikir bahwa hal tersebut dianggap tidak sopan. Cara tersebut diterapkan tidak hanya untuk menjaga perilaku, namun juga untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dampak Yang Terjadi Jika Makan Sambil Berdiri

Makan sambil berdiri merupakan hal yang dilakukan oleh banyak orang. Misalnya, seseorang mungkin pernah mengalaminya ketika menghadiri pesta pernikahan seseorang. Tempat yang ramai seperti ini mungkin dapat mengurangi peluang untuk makan sambil duduk. Meskipun demikian, Anda sebaiknya jangan sering makan sambil berdiri, karena berikut adalah beberapa hal yang memungkinkan terjadi:

  • Makan lebih banyak

Sebagian orang merasa bahwa makan sambil berdiri adalah salah satu cara untuk menurunkan berat badan mereka. Namun, hal tersebut justru membuat mereka makan lebih cepat sehingga mereka kemungkinan akan menambah porsi makanan lagi.

Berat badan seseorang ditentukan oleh asupan jumlah kalori. Semakin meningkat jumlah kalori pada makanan yang mereka konsumsi, semakin meningkat berat badan mereka. Untuk mencegah masalah tersebut terjadi, sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang dianjurkan untuk makan dengan lambat untuk mengurangi nafsu makan.

  • Memicu rasa lapar

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi makanan sambil berdiri mengosongkan perut lebih cepat sehingga mereka akan lebih cepat merasa lapar. Rasa lapar dapat memicu seseorang untuk mengkonsumsi makanan lagi.

  • Kurang menikmati kelezatan makanan

Meskipun seseorang makan lebih banyak, hal tersebut belum tentu mengindikasikan seseorang menikmati cita rasa makanan tersebut. Makan sambil berdiri tidak sepenuhnya membuat seseorang menikmati kelezatan makanan, karena mereka tidak fokus pada apa yang mereka konsumsi.

Menurut sebuah studi yang dirilis melalui Jurnal Journal of Consumer Research, orang-orang yang mengkonsumsi makanan sambil berdiri selama beberapa menit dapat memicu stres dan membuat lidah mereka sulit bekerja.

  • Membuat perut kembung

Karena makan sambil berdiri dapat menyebabkan seseorang makan lebih cepat, maka secara otomatis dapat meningkatkan jumlah udara yang diterima saat mengkonsumsi makanan. Masalah ini dapat membuat perut seseorang kembung dan mengeluarkan gas dari perut.

Selain itu, semakin tegak posisi seseorang, semakin cepat makanan dicerna ke dalam perut. Makan sambil berdiri dapat mengakibatkan sedikit waktu bagi nutrisi untuk saling bersentuhan dengan dinding usus sehingga sulit untuk menyerapnya. Karbohidrat yang dicerna dengan buruk juga berfermentasi pada bagian usus sehingga membuat perut manusia kembung.

Jika Anda cenderung mengkonsumsi makanan sambil berdiri, Anda sebaiknya kurangi kebiasaan seperti itu. Anda perlu duduk ketika makan, karena makan sambil duduk membuat Anda merasa rileks, fokus pada makanan yang dikonsumsi, menikmati dengan perlahan, dan mengunyah lebih baik.

Makan sambil duduk dapat membuat Anda merasa tenang, karena dapat menikmati apa yang ingin dikonsumsi. Makan sambil berdiri dapat memicu terjadinya masalah pada pencernaan. Jika Anda mengalami masalah pada pencernaan, Anda sebaiknya konsultasikan masalah ini dengan dokter.

Selain itu, makan sambil berdiri tidak dapat membantu Anda menjalani diet. Anda juga perlu menjaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat seperti buah-buahan dan sayuran, serta menjaga asupan kalori setiap hari.

more

Apakah Diet Alkaline Bermanfaat dan Menyehatkan?

Pernahkan Anda mendengar diet alkaline? Diet yang disukai oleh para selebritas Hollywood ini dipercaya dapat menurunkan berat badan dan mencegah penyakit. Diet alkaline juga dianggap dapat meningkatkan pH darah, membuatnya kurang asam dan lebih bersifat basa. Namun, sayangnya, belum ada bukti untuk mendukung klaim tersebut. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa diet alkaline dapat meningkatkan kesehatan pada orang-orang yang menderita penyakit ginjal. Namun, hal tersebut tidak didapatkan dengan mengubah pH darah. Diet alkaline hanya akan membuat orang-orang untuk mengonsumsi buah dan sayur dalam jumlah yang lebih banyak, dan mengurangi produk daging olahan dan produk lain berbahan susu yang mengandung lemak tinggi. Karena alasan inilah diet alkaline dapat meningkatkan kesehatan seseorang.

Diet alkaline hanya klaim omong kosong?

Banyak penelitian menunjukkan bahwa memakan makanan rendah asam dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Namun, gaya hidup tersebut tidak meningkatkan pH darah. Manfaat kesehatan utama yang dipercaya oleh banyak orang akan khasiat diet alkaline tidak terbukti. Diet alkaline memberikan sebuah ide yang salah tentang kemungkinan mengubah pH darah melalui diet. Hal ini tidak benar, dan perubahan besar dalam pH darah seseorang dapat mengancam nyawa. Mengubah pH pada air seni dan air liur dengan diet memang mungkin untuk dilakukan. Namun, perubahan yang terjadi pada cairan tubuh tersebut tidak serta merta membuat pH darah juga berubah.

Alkalinitas berarti sesuatu memiliki pH lebih tinggi dari 7. Tubuh manusia sendiri secara alami juga basa, dengan pH darah berada pada angka 7.4. Lambung manusia bersifat asam, yang membuatnya mampu mencerna makanan. pH dalam air seni dan air liur juga akan berubah tergantung dengan jenis makanan yang dikonsumsi/diet, metabolisme tubuh seseorang, dan faktor-faktor penunjang lain. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sel-sel kanker dapat tumbuh dengan lebih cepat pada lingkungan yang asam. Mengambil kesimpulan dari penelitian tersebut, para pendukung diet alkaline beranggapan bahwa pH darah yang tinggi dapat mencegah kanker. Sayangnya, penelitian yang berhubungan dengan alkalinitas dan kanker hanya baru dilakukan sebatas penelitian pada cawan petri, dan tidak pada tubuh manusia. Namun, makanan yang dimakan oleh orang-orang yang mengikuti diet alkaline ini dapat menjaga berat badan tubuh. Dengan melakukan diet alkaline, meskipun tidak akan memiliki fungsi mencegah kanker dengan meningkatkan pH darah, dapat mencegah gangguan kesehatan yang berhubungan dengan berat badan, misalnya obesitas dan diabetes.

Cegah kanker dengan cara yang berbeda

Selain anggapan bahwa diet alkaline dapat meningkatkan pH darah, beberapa orang juga percaya bahwa diet ini dapat membalikkan kanker dan mendukung chemotherapy. Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim ini, dan tidak pernah ada penelitian yang dilakukan untuk menguji klaim tersebut. Namun, sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2010 memberikan gagasan bahwa mengurangi konsumsi daging dan makan makanan sehat seperti buah, sayur, dan gandum utuh dapat mencegah kanker.

Studi ini mengacu pada data Investigasi Prospektif Eropa pada Kanker dan Nutrisi tahun 2010. Dalam penelitian tersebut, ditemukan bahwa mengonsumsi vitamin C, vitamin A, serat, dan diet gaya Mediterania dapat mengurangi risiko kanker. Lembaga Kanker Amerika (ACS) juga merekomendasikan diet yang serupa, namun tidak sama dengan diet alkaline. ACS menyarankan manusia agar menghindari makanan olahan, minuman bersoda, dan makanan-makanan yang mengandung lemak tinggi. Akan lebih bermanfaat bagi tubuh apabila Anda mengonsumsi buah, sayuran, dan gandum utuh.

more

Apakah Minuman Berenergi Benar-benar Bermanfaat?

Minuman berenergi bertujuan untuk meningkatkan energi, kewaspadaan, dan konsentrasi. Banyak orang dalam banyak usia sering mengonsumsinya, membuat minuman berenergi sangat populer dewasa ini. Namun, mereka yang bergelut di bidang kesehatan telah memperingatkan bahwa minuman berenergi mungkin memiliki efek samping yang berbahaya. Hal ini tentunya membuat konsumen minuman berenergi mempertanyakan keamanan dan manfaatnya. Artikel ini akan membahas klaim manfaat yang bisa didapat dari minuman berenergi.

Minuman berenergi adalah sejenis minuman yang mengandung bahan-bahan yang dianggap mampu meningkatkan energi dan kinerja mental. Hampir semua minuman berenergi mengandung kafein untuk menstimulasi fungsi otak dan meningkatkan kewaspadaan dan juga konsentrasi. Minuman berenergi juga mengandung beberapa bahan lain, misalnya:

  • Gula. Sumber kalori utama pada banyak minuman berenergi. Beberapa produk tidak mengandung gula dan rendah karbohidrat.
  • Vitamin B. Memainkan peran penting dalam mengubah makanan yang Anda makan menjadi energi yang dapat digunakan oleh tubuh.
  • Asam amino derivative. Contoh jenis ini adalah taurine dan L-carnitite. Keduanya diproduksi secara alami oleh tubuh dan memiliki peran penting dalam beberapa proses biologis.
  • Ekstrak herbal. Biasanya guarana ditambahkan untuk menambah kafein. Sementara itu, ginseng juga dipercaya memiliki efek positif terhadap fungsi otak.

Benarkan minuman berenergi dapat meningkatkan fungsi otak?

Orang-orang meminum minuman berenergi karena berbagai alasan. Salah satu yang paling umum adalah untuk meningkatkan kewaspadaan mental dengan cara meningkatkan fungsi otak. Namun, apakah penelitian tentang minuman berenergi menunjukkan bahwa minuman tersebut dapat menyediakan manfaat ini? Banyak penelitian mengonfirmasi bahwa minuman berenergi memang benar dapat meningkatkan fungsi otak, seperti daya ingat, konsentrasi, dan waktu reaksi, serta mengurangi kelelahan mental. Bahkan, salah satu penelitian menunjukkan bahwa meminum 500 ml Red Bull kaleng dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat sebesar 24%. Banyak peneliti percaya peningkatan fungsi otak tersebut disebabkan karena kafein. Beberapa menganggap bahwa kombinasi antara kafein dan gula pada minuman berenergi menjadi penyebabnya.

Minuman berenergi dapat membantu orang tetap dapat bekerja saat mereka lelah

Salah satu alasan lain mengapa orang meminum minuman berenergi karena dapat membantu mereka tetap beraktivitas meskipun mereka kurang tidur ataupun lelah. Para pengemudi yang harus mengemudikan kendaraan pada malam hari dan dalam jarak yang jauh memilih menggunakan minuman berenergi untuk membantu mereka tetap waspada di belakang kemudi. Beberapa penelitian menggunakan simulasi mengemudi menyimpulkan bahwa minuman berenergi dapat meningkatkan kualitas mengemudi dan mengurangi rasa ngantuk, bahkan pada pengemudi yang kurang tidur. Karena alasan yang sama, banyak pekerja yang bekerja di shift malam menggunakan minuman berenergi untuk membantu mereka memenuhi tanggung jawab pada jam-jam di mana kebanyakan orang sedang tertidur lelap. Meskipun minuman berenergi dapat membantu para pekerja tersebut untuk terus waspada dan tidak mengantuk, penelitian menunjukkan bahwa minuman berenergi dapat memberi dampak negative terhadap kualitas tidur setelah mereka selesai bekerja dan beristirahat.

Minuman berenergi memang benar-benar memenuhi klaim mereka dengan memberikan manfaat seperti meningkatkan fungsi otak dan membantu membuat Anda tetap dapat bekerja meskipun Anda lelah dan kurang tidur. Namun, ada beberapa kekhawatiran seputar dampak negatif minuman berenergi terhadap kesehatan seseorang, terutama yang sering mengonsumsinya. Kekhawatiran tersebut ada pada asupan kafein yang berlebih dan kandungan gula di dalam minuman berenergi. Apabila Anda memilih menggunakan minuman jenis ini, batasi konsumsi sekitar 473 ml per hari. Anda juga perlu menghindari meminum minuman berkafein lain untuk menghindari efek berbahaya karena terlalu banyak mengonsumsi kafein.

more