Faktor risiko dan Gejala Batuk Kronis

Batuk terkadang dapat memberikan rasa tidak nyaman. Padahal, sesungguhnya, batuk memiliki tujuan dan manfaatnya sendiri, yaitu untuk membawa dan membuang lendir dan zat asing lain dari saluran udara yang dapat mengiritasi paru-paru. Batuk juga dapat menjadi respon peradangan atau penyakit. Kebanyakan batuk hanya terjadi sementara. Anda dapat menderita demam atau flu, untuk kemudian batuk selama beberapa hari atau minggu, hingga akhirnya Anda akan merasa sehat kembali. Terkadang, batuk dapat terus terjadi selama beberapa minggu, bulan, bahkan tahun. Apabila hal tersebut terjadi, Anda mungkin memiliki gangguan kesehatan yang serius dan perlu diwaspadai. Ketika batuk terus menerus terjadi selama 8 minggu atau lebih, kondisi ini disebut dengan nama batuk kronis.

Batuk kronis dapat terjadi akibat kondisi-kondisi seperti alergi ataupun lendir dari hidung. Meskipun sangat jarang ditemui, batuk kronis juga dapat disebabkan oleh kanker atau kondisi paru-paru yang berpotensi mengancam nyawa lainnya. Batuk kronis dapat memiliki dampak yang besar dalam hidup Anda. Batuk dapat membuat Anda terjaga saat malam hari dan mengganggu aktivitas sehari-hari dan kehidupan sosial. Untuk itulah mengapa Anda harus segera memeriksakan diri apabila menderita batuk yang terjadi selama lebih dari 3 minggu.

Penyebab batuk kronis

Beberapa penyebab batuk kronis yang paling umum dijumpai adalah lendir hidung; asma (terutama asma berjenis batuk dengan batuk sebagai gejala utamanya); refluks asam (atau dikenal dengan GERD, penyakit refluks gastroesophageal), bronkitis kronis atau bentuk lain dari penyakit paru-paru obstruktif kronis (COPD), infeksi (pneumonia atau bronkitis akut), inhibitor ACE (obat-obatan yang digunakan untuk merawat tekanan darah tinggi), dan merokok.

Gejala batuk kronis

Selain batuk yang terus menerus dan mengganggu, gejala lain yang menyertai kondisi ini bervariasi, tergantung pada penyebab utama batuk Anda. Beberapa gejala umum batuk kronis lain di antaranya adalah rasa adanya cairan yang menetes di bagian belakang tenggorokan, sensasi terbakar di belakang tulang dada, suara serak, hidung meler, radang tenggorokan, hidung mampet, mengi, dan sesak napas. Meskipun langka dan jarang ditemukan, batuk kronis juga dapat menyebabkan batuk darah, keringat pada malam hari, demam tinggi, turun berat badan tanpa diketahui penyebabnya, dan rasa sakit pada dada. Segera hubungi dokter untuk mendapatkan diagnosa dan perawatan dini apabila Anda memiliki gejala-gejala tersebut.

Faktor risiko dan kapan harus konsultasi dengan dokter?

Anda memiliki risiko yang lebih tinggi untuk menderita batuk kronis terutama apabila Anda adalah seorang perokok aktif. Merokok tembakau akan merusak paru-paru serta menyebabkan kondisi COPD. Selain itu, orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah juga rentan menderita infeksi yang dapat menyebabkan batuk kronis.

Anda perlu mengunjungi dokter apabila batuk Anda terjadi selama lebih dari 3 minggu. Selain itu, konsultasikan dengan mereka apabila Anda menunjukkan gejala lain selain batuk, seperti turunnya berat badan yang tidak direncanakan, demam, batuk darah, dan sulit tidur. Pada saat pemeriksaan, dokter akan bertanya seputar batuk dan gejala lain. Anda juga akan mendapatkan beberapa tes pemeriksaan seperti tes refluks asam, endoscopy, kultur sputum, tes fungsi paru-paru, dan pemindaian CT atau sinar-X untuk mengetahui penyebab batuk kronis.

Apabila tes-tes tersebut tidak membantu dokter mengidentifikasi penyebab kondisi batuk kronis Anda, mereka akan memasukkan tabung tipis ke dalam tenggorokan atau hidung untuk melihat bagian dalam saluran udara atas. Sementara itu, bronkoskopi menggunakan sebuah alat untuk melihat lapisan saluran udara bagian bawah dan paru-paru. Dokter juga dapat menggunakan bronkoskopi untuk mengambil jaringan kecil untuk diperiksa.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>