Diet Tukak Saluran Pencernaan, Hindari Makanan Ini

Banyak orang mengira bahwa tukak saluran pencernaan sama dengan penyakit maag, karena memiliki gejala yang hampir mirip. Namun, pada kenyataannya keduanya adalah penyakit yang berbeda.

tukak saluran pencernaan

Tukak saluran cerna adalah luka terbuka pada bagian dalam dinding lambung atau dinding usus 12 jari (duodenum) dan sering kali menyebabkan sakit perut. Nah, usus 12 jari ini adalah usus yang paling dekat dengan lambung. Sedangkan, penyakit maag atau gastritis adalah peradangan yang terjadi ada dinding lambung. Jadi, tukak lambung adalah luka terbuka di perut, jadi Anda perlu menghindari makanan apapun yang dapat membuat luka tersebut iritasi.

Penyebab tukak saluran pencernaan

Sama halnya dengan pengertiannya, penyebab tukak lambung pun berbeda dengan penyakit maag. Dan, penyebab yang paling umum di antaranya:

  • Infeksi bakteri

Infeksi bakteri helicobacter pylori adalah penyebab yang paling umum menyebabkan peradangan di lambung dan meningkatkan produksi asam. Jadi, sekitar 80-90% tukak lambung disebabkan oleh bakteri ini.

  • Penggunaan obat tertentu

Selain karena bakteri, tukak lambung pun bisa disebabkan oleh penggunaan obat anti inflamasi nonstreroid (pereda nyeri) yang terlalu sering atau berlebihan, seperti aspirin, ibuprofen, dan naproxen. Beberapa obat tersebut dapat merusak lapisan lendir lambung, sehingga membuatnya rentan terluka.

  • Tumor dan penyakit lainnya

Hal lain yang biasanya menjadi penyebab tukak lambung adalah penyakit lain yang di derita, misalnya seperi tumor ataupun kanker lambung. Kondisi ini dapat mengikis perut dan menciptakan luka yang cukup besar.

Meskipun begitu, apapun penyebab dari tukak saluran pencernaan ini, Anda tetap harus menghindari pencetus yang dapat membuat tidak nyaman dan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan.

Makanan yang harus dihindari penderita tukak lambung

Berikut beberapa makanan yang mesti Anda hindari jika Anda menderita tukak saluran pencernaan.

  • Alkohol. Semua jenis alkohol umumnya dapat membuat lambung iritasi.  Jadi, untuk menghindari adanya luka yang semakin parah ada baiknya untuk menghentikan pengonsumsian alkohol jenis apapun.
  • Kafein. Semua jenis minuman yang mengandung kafein pun perlu Anda kurangi, bahkan hilangkan sama sekali. Pasalnya, minuman yang mengandung kafein pun menjadi salah satu pencetus tukak lambung. Contohnya seperti kopi, teh, dan minuman bersoda.
  • Susu. Dulu susu sempat direkomendasikan untuk para penderita tukak saluran pencernaan, namun penelitian terbaru mengatakan bahwa susu dapat meningkatkan asam lambung. Jadi sebaiknya pun harus dihindari.
  • Makanan asin. Para peneliti menemukan bahwa makanan yang asin atau terlalu asin dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri H. Pylori ini. Perlu Anda ketahui makanan yang difermentasi seperti acar pun mengandung garam yang tinggi dan berkaitan dengan peningkatan risiko ulkus H. Pylori.

Untuk mencegah terjadinya tukak lambung, mengonsumsi makanan sehat dengan banyak  buah, sayuran, dan serat sangat direkomendasikan. Pasalnya, buah dan sayuran yang tinggi serat serta vitamin A dapat menurunkan risiko penyakit ini.

Selain itu, makanan kaya probiotik pun sangat dianjurkan untuk penderita tukak saluran pencernaan. Seperti, yogurt, asinan kubis, kimci, tempe adalah beberapa jenis makanan yang kaya akan bakteri baik yang disebut probiotik. Makanan-makanan tersebut dapat membantu melawan infeksi yang disebabkan bakteri H. Pylori.

Jadi cobalah untuk makan dengan porsi kecil sekitar empat atau lima kali dalam sehari, daripada hanya mengonsumsi dua tahu tiga kali dalam sehari namun dengan porsi yang banyak. Selain itu, sebaiknya jangan makan setidaknya tiga jam sebelum Anda tidur supaya tubuh dapat mencerna makanan dengan baik dan tidak menimbulkan asam. Tukak saluran pencernaan mungkin terlihat mirip dari cara pencegahan hingga pengobatan dengan penderita maag. Namun faktanya, penderita tukak lambung membutuhkan pengobatan lebih lanjut karena bisa dikatakan kondisinya lebih parah daripada sekedar maag biasa. Jadi, jika Anda menderita tukak lambung ada baiknya untuk segera menemui dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>